Terkadang kita berjualan ada aja hambatannya, ada aja dramanya. Tidak hanya drama olshop Indonesia aja, bahkan drama olshop Etsy juga banyak banget. Jika kalian suka baca-baca forum Etsy, disana banyak sekali masalah baik dari seller maupun buyer. Tapi paling banyak memang curhatan dan keluhan dari seller Etsy karena jujur, kita dikontrol oleh bintang dari pembeli. Pembeli tidak puas? Rasakan ini 1 bintang untuk tokomu! Jadi mau tidak mau kita harus memberikan pelayanan ekstra puas untuk para pembeli. Memang kita berharap seluruh perjalanan jualan kita lurus lancar aman terkendali. Tapi tidak bisa dipungkiri suatu saat kita bisa menemui masalah hingga kita harus mengembalikan uang pembeli dan meng-cancel orderannya.
Apabila memang harus membatalkan pesanan pembeli maka silakan lakukan tahap
Pengembalian Dana terlebih dahulu jika saat itu pembeli membayar dengan pilihan pembayaran selain Etsy Payment.
Jika saat itu pembeli membayar dengan Paypal (posisi kalian belum aktifkan etsy payment), silakan dana dikembalikan dulu lewat Paypal, caranya bisa klik
DISINI. Namun jika saat pembeli melakukan pembelian kalian sudah mengaktifkan Etsy Payment, kalian tidak perlu melakukan pengembalian dana secara terpisah, karena nanti dananya langsung terpotong dari Etsy Payment kalian (Refund & Cancel langsung di Etsy).
Berikut langkah-langkah cancel pesanan pembeli di Etsy :
1. Di Shop Manager masuk ke Orders & Shipping, kemudian klik Completed (apabila pesanan yang akan dicancel sudah kalian kirim/selesai/completed). Search nama pembeli yang akan kalian cancel orderannya.
2. Setelah masuk ke detail pesanan pembeli. Kalian bisa langsung klik More Actions. Jika pembeli membayar dengan Etsy Payments klik Issue a refund. Jika transaksi ini terjadi sebelum kalian mendaftar Etsy Payment maka klik Cancel Order.
3. Selanjutkan kalian akan diarahkan ke halaman Cancel Transactions. Cek lagi apakah benar transaksi ini yang akan kalian cancel atau batalkan. Kalian juga bisa memilih produk mana saja yang akan kalian batalkan.
4. Di bagian bawah kalian wajib memilih
Reason atau alasan pembatalan pesanan. Ada beberapa pilihan yang bisa dipilih, diantaranya;

a) Payment not received
Biasanya terjadi apabila pembeli memilih pilihan pembayaran others atau kartu kredit namun kartu kreditnya bermasalah sehingga pembayaran gagal. Kalian bisa memilih opsi ini. Akan lebih baik sebelum cancel di opsi ini kalian menghubungi pembeli terlebih dahulu.
b) Buyer and shop owner agreed to cancel transaction
Kalian bisa memilih ini apabila memang pembeli & penjual sepakat untuk membatalkan pesanan. Biasanya karena kesalahan pembeli seperti, salah memilih produk, duplicate order, salah klik (?) namun bisa juga karena stok barang di penjual habis. Kalau pembeli sudah membayar pesanannya maka kalian harus me-refund dananya sebelum membatalkan pesanan.
c) Shop owner cannot complete trasaction
Silakan memilih opsi ini apabila kalian sebagai seller/penjual merasa tidak bisa menyelesaikan pesanan. Bisa dikarenakan stok habis, bahan baku habis, tidak bisa memenuhi keinginan pembeli, atau masalah pengiriman yang tidak tersedia ke negara pembeli. Jika pembeli sudah membayar silakan lakukan refund atau pengembalian dana terlebih dahulu sebelum cancel.
d) Item was lost in the mail
Ini alasan pembatalan pesanan yang paling umum, paket hilang diperjalanan/pengiriman. Saya beberapa kali mengalami ini dikarenakan pandemi Covid-19. Mau tidak mau saya harus mengembalikan dana yang sudah dibayarkan oleh pembeli. Memang sudah merugi waktu, merugi biaya ongkir, merugi biaya produk yang telah dikirimkan. Tapi apabila kita tidak punya bukti kuat, seperti resi/tracking number yang menyatakan paket sudah delivered. Maka kita harus mengembalikan dananya. Namun jika masih bisa diperjuangkan melalui jasa pengirimannya silakan dicoba dulu, mungkin bisa klaim barang hilang & dapat kompensasi dari jasa kirimnya, jadi nggak terlalu rugi. Nah untuk opsi ini kalian diwajibkan untuk me-refund dananya sebelum cancel.
e) Item returned to seller, refund given to buyer
Pilih opsi ini jika barang yang kalian kirimkan ke pembeli kembali ke kalian. Bisa dikarenakan pembeli tidak puas dengan barangnya sehingga minta refund, kesalahan jasa pengiriman atau karena masalah gagal kirim. Opsi ini mewajibkan penjual menerima kembali barangnya sebelum bisa membatalkan pesanan.
5. Setelah memilih alasan pembatalan, kalian bisa isi pesan tambahan untuk pembeli (optional) kemudian klik Submit Cancellation.
6. Selesai! Kalian berhasil membatalkan pesanan pembeli di Etsy. Selanjutnya etsy akan mengirimkan email konfirmasi pembatalan dan pengembalian biaya listing kepada penjual.
PENTING!
Pembeli masih bisa memberikan rating alias bintang kepada penjual dalam jangka waktu 48 jam setelah pembatalan pesanan. Jadi tolong dipikirkan matang-matang dan pastikan pembatalan ini disetujui secara 2 arah antara buyer & seller. Jangan sampai pembeli tidak tau pesanannya dibatalkan karena hal ini bisa jadi boomerang untuk toko kalian.
Komentar
Posting Komentar